Sabtu, 22 September 2012

Jenis-jenis Keyboard

Jenis-jenis Kerboard

1. Jenis QWERTY
Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standar mesin ketik pada tahun 1905. Dan saya kira keyboard ini yang paling tua di antara keyboard yang saya sebutkan.

 2. Jenis DVORAK
Keryboard  jenis DVORAK ini memang agak sedikit aneh, Ketidak efisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yang dibuat kira-kira pada tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri.
Dan pastinya lebih aneh, hehe 

  3. Jenis  Alphabetik
Nah keyborad jenis Alphabetik ini sama persis dengan keyboard jenis Qwerty letak tombol huruf dan angkanya. Susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth. 

 4. Jenis Klockenberg
Nah kalo keyboard yang satu ini letak tombolnya dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sama persis seperti jenis QWENTY, tetapi menggunakan tombol-tombol ini bisa mengurangi kerja otot pada jari-jari anda dan pergelangan tangan, serta mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. 

 5. Jenis Palantype
Nah kalo keyboard  yang satu ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal, dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak semua konsonan dan vokal dalam alphabet ada di keyborad ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada. Dan saya pun pusing ngeliatnya. hahaha

0 komentar:

Posting Komentar